GOOGLE TRANSLATOR

Jumat, 31 Januari 2014

DRAINAGE TANK (MODULAR UNDERGROUND TANK SYSTEM)

Drainage Tank adalah modul-modul/panel-panel yang terbuat dari bahan baku plastik (Recycled Polypropylene) yang disusun/dirakit menjadi kubus/tangki.

Drainage Tank yang disusun kemudian dilapisi/dibungkus non woven geotextile dapat menangkap air dan mengalirkan air dengan jumlah yang banyak.

Drainage Tank dapat dengan mudah dipasang/dirakit, dan dilepas kembali.

Drainage Tank berfungsi sebagai :
  • Tampungan air bersih (water retention) berguna sebagai tampungan/tangkapan air hujan atau limpasan air bersih lainnya, semakin banyak air yang ditampung maka semakin banyak pula air yang dapat meresap kedalam tanah, sebagai kolam/tangki/bak/sumur resapan. Dapat mencegah penurunan muka air tanah (mengisi kembali air tanah yang tersedot oleh pompa-pompa rumah tangga dan pabrik-pabrik), bila permukaan air tanah tetap terjaga maka dapat mencegah penurunan permukaan tanah.
  • Drainage Tank yang dilapisi HDPE Geomembrane dapat menampung air hujan / air bersih yang nantinya air tersebut dapat digunakan kembali (misalnya untuk menyiram tanaman, dll).
  • Drainage Tank dapat berfungsi juga sebagai subdrain (dipasang memanjang), dapat menggantikan pipa berlubang, dan kelebihan Drainage Tank dapat menangkap air lebih banyak dan dapat mengalirkan air lebih banyak pula.

Berikut peraturan pemerintah mengenai sumur resapan :

1. Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta No.20 Tahun 2013.


2. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2012.

































































1 komentar:

  1. Informasi yang sangat menarik, sebagai tukang taman sangat memerlukan informasi material seperti ini, trimakasih atas tulisan ini

    BalasHapus